5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Discussion in 'Informasi Cara Hidup Sehat' started by XYZ, Jan 12, 2015.

  1. XYZ

    XYZ New Member

    [​IMG]
    Tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, berikut di antaranya:

    1. Meningkatkan daya ingat

    Ingin memiliki daya ingat yang baik? Untuk putra-putri maupun diri sendiri? Coba lakukan tidur siang sejenak (maksimal 30 menit).

    Sebuah penelitian menemukan bahwa tidur siang selama 45 menit bisa membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang.

    Peningkatan aktivitas otak saat sedang tidur juga diyakini bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

    2. Menurunkan tekanan darah & meningkatkan produktivitas
    Ibarat mengasah pisau agar lebih tajam, tidur siang sejenak juga dapat mengasah ketajaman konsentrasi otak kita.

    Tidur siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantu mengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi dan produktivitas di tempat kerja. Bahkan penelitian sebelumnya menemukan tidur siang dapat menurunkan tekanan darah.

    3. Mengobati insomnia
    Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari sebelumnya kurang tidur.

    Efeknya memang bisa bervariasi pada setiap individu, namun sebuah penelitian menegaskan tidur siang membuat penderita insomnia jadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

    4. Menurunkan stres
    Sering merasa stres? Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang begitu nyenyak.

    Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam semalam sebelum bertugas, kadar kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namun ketika berhasil tidur siang barang sebentar, kadar kortisol berkurang separuhnya.

    5. Mencegah penyakit jantung
    Tidur siang yang pendek selama 20-40 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Yunani.

    David F.Dinger dan Roger J.Broughton dalam bukunya, sleep and alertness: chronological, behavioral and medical aspect of napping sepakat penelitian yang mereka lakukan menunjukkan bahwa mereka yang secara rutin tidur 30 menit pada waktu siang hari mempunyai risiko mengidap penyakit jantung 30% lebih rendah jika dibandingkan yang tidak mempunyai kebiasaan tersebut.

    Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Menurut penelitian ini, tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Jika berlebih, justru menyebabkan terbangun dengan ‘kepala berat'
  2. sichone

    sichone Member

    Saya merasakan langsung betapa berkhasiatnya tidur siang. Rasa capai hilang dan muncul semangat baru untuk bekerja menyelesaikan sisa hari itu, dan hasilnya pun biasanya maksimal. Apakah untuk trading forex di accent forex atau yang lain.
  3. nullahfx

    nullahfx Member

    Emang ada manfaatnya juga, apalagi kalo saat itu mata memang sudah nggak bisa diajak kompromi. Tidur 10-15 menit tapi bisa nyenyak juga lumayan. Sering juga pas jam istirahat kerja dipake buat tidur.
  4. James Kay

    James Kay New Member

    I also can sleep during the day and then my head works twice as fast!
  5. emir123

    emir123 New Member

    wah ternyata manfaat tidur siang itu bagus juga ya padahal sy sering gk tidur siang :(

Share This Page